Sunday, October 02, 2005

30 Detik Jadi Bintang, Siapa Pemenang Sesungguhnya?

Acara Grand Final 30 Detik Menjadi Bintang (30DJB) yang disiarkan oleh GlobalTV pada hari Sabtu 1 Oktober 2005 mulai pukul 21.00 WIB memang cukup seru, karena ini adalah pertunjukan yang menampilkan semua finalis dari seluruh episode yang diikuti oleh peserta dari seluruh propinsi.

Namun ada hal yang membuat saya 'sedikit' kurang puas dengan hasil akhir untuk kemenangan Grand Final di acara tersebut, pasalnya 3 finalis tersebut memang dipilih oleh juri namun akhirnya kemenangan mereka ada pada pilihan pemirsa yang mengirimkan dukungan melalui SMS ke nomr 6288, disinilah tanda tanya itu muncul...

Sepertinya istilah 'posisi menetukan prestasi' sangat berperan di acara ini, karena dari ketiga finalis tersebut, Banzai (Perkusi Kepala dari Jakarta), Indra El Bugzy (Ilusi Putung Leher dari Jogja), serta Rosgana (Trik Yoyo dari Bandung), dipilih melalui dukungan SMS dari pemirsa. Namun ketika finalis pertama, Banzai tampil, pemirsa (khususnya pendukung Indra dan Rosgana) tidak tahu, siapa finalis yang akan tampil setelah itu, sehingga pendukung tersebut tidak dapat mengirimkan kode dukungan mereka.

Ketika grup Banzai tampil, pendukungnya segera mengirimkan SMS sebanyaknya-banyaknya dengan isi SMS td<spasi>A, lalu ketika finalis kedua (Ilusi Putus Leher) tampil maka pendukungnya langsung mengirimkan SMS ke nomor yang sama (6288) dengan td<spasi>B, saat itu daftar antrian (queue) di server SMS gateway milik TelkomSel tersebut sudah penuh dengan SMS yang dikirim oleh para pendukung kedua finalis tadi, sehingga ketika SMS dukungan yang dikirim untuk Trik Yoyo yang tampil dibagian terakhir menjadi semakin terhalang karena daftar antrian sudah semakin membludak oleh dua kubu pendukung tadi. Selain itu pengumuman hasil pemenang diumumkan tidak lama setelah finalis terakhir (Rosgana - Trik Yoyo) tampil, hal ini tentu sangat merugikan peserta terakhir dan pendukung Rosgana menjadi tidak bisa berharap banyak dari SMS dukungan yang dikirimnya.

Berbeda dengan SMS yang dikirim oleh pendukung peserta AFI, KDI, Indonesian Idol, Penghuni Terakhir, yang bisa dikirim setiap hari selama periode acara tersebut berlangsung, bahkan dukungan SMS bisa dikirim kapan saja, karena walaupun acara tersebut tidak ditayangkan, stasiun TV yang menyelenggarakan acara-acara tersebut selalu menampilkan iklan dukungan berupa scrolling text atau dengan mode News Ticker kepada para pendukungnya.

Kembali kepada kasus 30DJB, apakah hasil kemenangan itu benar-benar fair?, Bagaimana hasilnya jika Juri dan Panitia menunggu sampai semua dukungan SMS untuk seluruh peserta masuk?, Jika memang peraturan dan hasilnya sudah ditetapkan, apa yang menjadi landasan para Juri dan panitia untuk menempatkan Banzai tampil pertama pada saat final?, bagaimana jika Indra (Ilusi Putus Leher) yang ditampilkan pertama?, atau Rosgana dengan trik Yoyo-nya yang tampil pertama?, Akankah Banzai yang menang?... karena ketika Dik Doang sebagai pemandu acara tersebut meminta pendapat penonton di studio, kebanyakan penonton di studio berteriak Trik Yoyo!!!...Rosgana!!!...Yoyo...!!. Sama seperti apa yang kami teriakkan oleh keluarga kami di rumah.[Q]